Minggu, 08 Januari 2017

TUGAS PROPOSAL PEMBUATAN APLIKASI BERGERAK ALAT PENGUKUR IRAMA BERBASIS ANDROID


BAB I

I.              Latar Belakang
Bidang industri musik yang terus berkembang, semakin banyak jenis musik yang tercipta. Dari tiap musik yang berevolusi memiliki sebuah irama khas. Irama merupakan elemen penting dalam bermusik, karena hanya dengan sebuah irama sebuah musik dapat tercipta. Seorang pemusik tentu saja memiliki irama untuk musik yang dibuatnya. maka dari itu metronome digunakan untuk mengetahui irama yang dimainkan.
Di era informatika seperti sekarang ponsel pintar semakin berkembang dan semakin mudah dijumpai. Mudahnya akses informasi menggunakan ponsel pintar juga sangat menguntungkan bagi tiap orang. Bahkan untuk seorang pemusik ponsel pintar bisa menjadi teman dekat, untuk mendengarkan, merekam, dan memainkan alat musik.
Metronome adalah alat yang digunakan untuk menghitung irama. Metronome pertama kali dibuat adalah metronome analog dan sekarang metronome berkembang menjadi metronome digital dan dapat diakses menggunakan ponsel pintar. Aplikasi metronome yang sudah dikembangkan menggunakan suara yang sudah direkam kemudian dimasukan kedalam program. Hal tersebut dapat dilakukan namun setelah dikompilasi ternyata ketukan yang dihasilkan tidak stabil.
Mengacu pada uraian diatas, maka dikembangkanlah sebuah aplikasi metronome digital menggunakan bahasa pemrograman Java dengan objek audiotrack dan mengatur pilihan untuk streaming audio menggunakan suara mono dan 16bit PCM audio format.


II.           Batasan Masalah
Kami menggunakan pendekatan multimedia berupa gambar dan audio untuk mendukung transmisi, representasi audio dan gambar melalui komputer. Audio yang ada didalam program tidak direkam melainkan dibuat menggunakan metode PCM.


III.        Rumusan Masalah
   Apa saja yang diperlukan situs web ini untuk meningkatkan efektivitas dari penyampaian informasi sehingga dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna ?

IV.        Tujuan
Tujuan dari penulisan ini untuk membuat aplikasi bergerak alat penghitung irama. Serta mengembangkan aplikasi metronome agar dapat menghasilkan ketukan yang stabil tiap hitungannya. Penulis menerapkan pendekatan multimedia berupa audio dan gambar.

V.           Sasaran
Pegiat dunia musik/musisi ataupun masyarakat umum yang ingin belajar menghitung irama.





















BAB II

I. Analisis Masalah

            Sesuai dengan latar belakang, mudahnya akses informasi menggunakan ponsel pintar juga sangat menguntungkan bagi tiap orang. Bahkan untuk seorang pemusik ponsel pintar bisa menjadi teman dekat, untuk mendengarkan, merekam, dan memainkan alat musik.
Metronome adalah alat yang digunakan untuk menghitung irama. Metronome pertama kali dibuat adalah metronome analog dan sekarang metronome berkembang menjadi metronome digital dan dapat diakses menggunakan ponsel pintar. Aplikasi metronome yang sudah dikembangkan menggunakan suara yang sudah direkam kemudian dimasukan kedalam program. Hal tersebut dapat dilakukan namun setelah dikompilasi ternyata ketukan yang dihasilkan tidak stabil.

II. Solusi

Aplikasi ALAT PENGUKUR IRAMA dibuat untuk membuat aplikasi bergerak alat penghitung irama. Serta mengembangkan aplikasi metronome agar dapat menghasilkan ketukan yang stabil tiap hitungannya dengan menerapkan pendekatan multimedia berupa audio dan gambar.









BAB III

                               I.            Biaya Proyek

Kebutuhan Hardware
NO
URAIAN
SATUAN
HARGA SATUAN
JUMLAH HARGA
1.
Notebook Lenovo Z40-75 AMD A10, RAM 8 GB DDR3
1
4.650.000
4.650.000
2.
ZenFone 2 (ZE551ML)
1
2.000.000
2.000.000
3.
Keyboard LOGITECH K400
1
250.000
250.000
4.
Mouse LOGITECH M235
1
100.000
100.000
Jumlah
7.000.000

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi beserta pengelolahannya sebesar
 Rp 7.000.000,- dan belum termasuk perawatan selama setahun

                            II.            Jadwal Proyek

Kegiatan
Durasi (Hari)
Analisis
7
Analisa Sistem
3
Pengumpulan Data
3
Struktur Aplikasi
1
Desain
9
Tampilan
5
Review & Revisi
1
Penyelesaian Desain
3
Programming
29
Analisa
2
Pemrograman
21
Review & Revisi
3
Penyelesaian Desain
3
Uji Coba
6
Uji Coba System
3
Koreksi & Revisi
2
Tes Keseluruhan
1
Peluncuran
1
Online
1
TOTAL
52


                         III.            TIM PELAKSANA
Nama
Deskripsi Pekerjaan
Ales
Programmer
Zaki
Programmer
Burhan
Penganalisa Sistem
Muafi
Desainer
Dirga
Desainer
Rizky
Penguji Coba

Peran & Tanggung Jawab:
·         Penganalisa Sistem: Bekerja untuk memaksimalkan kebutuhan/ketertarikan user dalam aplikasi yang akan di buat.
·         Desainer: Mendesain interface aplikasi sesuai dengan hasil analisa/survey sehingga aplikas dapat tampil menarik dan mudah digunakan untuk user.
·         Programmer: Membuat aplikasi sesuai dengan struktur yang diberikan oleh Penganalisa dan Desainer.
·         Penguji Coba: Berperan seperti layaknya user yang akan menggunakan aplikasi, dan memberikan review agar aplikasi dapat lebih baik.



















BAB IV

       I.            Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Data yang akurat didapatkan melalui proses observasi atau turun langsung untuk mengamati apa saja yang diperlukan untuk melengkapi perlengkapan bisnis yang dijalani. Data yang diambil berupa:
·         Data Primer : Stok Produk dan Jenis Produk
Penjelasan à Menyatakan stok produk yang tersedia dan jenis produk yang dijual dalam bisnis ini, yaitu bingkai, album, kertas foto. Bingkai digunakan jika pembeli menginginkan hasil fotonya yang sudah dicetak pada kertas foto ditaruh di bingkai. Demikian halnya dengan album, pembeli dapat menempelkan hasil cetak fotonya pada album dengan design yang sesuai dengan keinginan pembeli. Kertas foto adalah komponen atau produk utama dalam bisnis ini, jika stok kertas foto habis maka proses pembingkaian dan pengalbuman tidak dapat berjalan, kecuali pembeli hanya menginginkan bingkai atau album saja.
·         Data Sekunder : Identitas penjual dan pembeli
Penjelasan à Menyatakan identitas penjual atau dapat disebut dengan profil penjual agar pembeli mengetahui jika perusahaan ini berjalan secara transparan dan terstruktur. Identitas pembeli berfungsi untuk mempermudah penjual mengirimkan produk pesanannya dan dapat pula untuk melengkapi kebutuhan lain.













    II.            Perancangan Aplikasi
Aplikasi ini dirancang dengan beberapa tahap perancangan, dimulai dari perancangan struktur navigasi tentang cara menggunakan aplikasi perancangan antarmuka tentang tampilan aplikasi, perancangan alur program.

 III.            Perancangan Struktur Navigasi
Struktur navigasi merupakkan racangan hubungan atau rantai kerja yang menggambarkan sistem secara keseluruhan. Aplikasi ini mengunakan struktur navigasi linear untuk menggambarkan sistem aplikasi. Struktur navigasi linear yang digunakan pada aplikasi ini karena aplikasi ini hanya memiliki satu tampilan. Alur program berjalan lurus dan berulang kembali ke awal. Dapat dilihat pada Gambar 3.4.

Gambar 3.1. Struktur Navigasi Aplikasi

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ketika program sudah berjalan pada perangkat Android. Aplikasi memiliki nilai yang sudah ditetapkan dari awal, nilai bpm, nilai beat, dan suara. Volume pada aplikasi ini sesuai dengan volume perangkat pada saat terakhir digunakan. Pada saat metronome bekerja, pengguna dapat menentukan kembali nilai bpm dan membagi ketukan serta mengatur volume perangkat.

 IV.            Desain Aplikasi
Desain aplikasi alat penghitung irama merupakan hal yang penting dalam membangun aplikasi. Perancangan antarmuka dapat menentukan nilai dari sebuah produk. Antarmuka dibuat dengan minimalis dan mudah dimengerti. Untuk aplikasi metronome ini dibutuhkan satu tampilan utama dan semua aktifitas terjadi dibelakang tampilan utama.
                                                   Gambar 3.2. Rancangan Tampilan Program


     Gambar 3.3. Tampilan Utama Metronome

    V.            Tampilan Uji Coba pada Perangkat Android

Saat aplikasi dijalankan bps sudah ditetapkan dengan nilai seratus beat per second (bps). Ketukan dibagi menjadi empat per empat. Pengguna dapat mengatur saat program berjalan. Bps yang sudah ditetapkan dapat diatur menggunakan tombol lebih dan tombol kurang. Tombol tambah dan tombol kurang akan menambahkan dan mengurangi satu angka bps apabila ditekan. Tombol tambah dan tombol kurang akan bertambah dan berkurang dua puluh apabila tombol ditekan lebih lama. Batas bps dimulai dari enam puluh bps dan berakhir pada dua ratus bps. Saat aplikasi berjalan bps akan menghitung dari satu sampai ketukan yang ditetapkan pengguna.



      Gambar 3.10 Tampilan Aplikasi Saat Berjalan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar